Pages

Saturday 31 October 2009

Apakah Tuhan Semua Agama Sama?

Dalam Agama islam konsep Tauhid uluhiyyah sangat ditekankan disamping tauhid rububiyyah. Tauhid uluhiyyah yang bersifat practice, adalah hal yang membedakan seorang muslim dari semua umat beragama.
kalau kita cermati, meskipun dalam prakteknya setiap agama berbeda-beda tetapi sebagian besar agama mengakui adanya Dzat yang maha kuasa tak tersentuh oleh panca indra yang merupakan Sang Pencipta Alam semesta ini.
inilah yang dalam islam disebut tauhid rububiyyah.
Agama-agama samawi sepakat bahwa Allah Adalah Sang maha kuasa yang dimaksud. meskipun dalam kristen Yesus Kristuslah yang mendapatkan otoritas untuk disembah.
Para Pemeluk animismepun meyakini bahwa Ada satu kekuatan yang mengendalikan roh-roh yang mereka sembah. begitupula para pemuja dinamisme yang yakin bahwa Bulan, bitang, matahari dsb hanyalah tempat untuk mendekatkan diri kepada kekuatan yang absolut tersebut.
tetapi inilah yang ditekankan dalam tauhid uluhiyyah-nya islam, bahwa seorang yang meyakini adanya Dzat yang maha kuasa haruslah benar-benar Menyembah kepada yang haq tnpa perantara apapun, bahkan syirik ( menyekutukan Tuhan) dalam islam adalah dosa yang terbesar.
Pada akhirnya, Agama ( islam) memang hanya untuk orang-orang yang berfikir.

0 komentar:

Post a Comment